Kamis, 12 Februari 2009

sup kacang merah

Orang bilang sup kacang merah aka sup senerek ini asalnya dari magelang, tanah kelahiranku sono... Emang di sana ada beberapa warung makan yang cukup populer di kalangan wong magelang... aku juga suka bikin, tentu aja resep versiku dewe...hehehe...
SUP KACANG MERAH / SUP SENEREK
Bahan:
3 siung bawang putih, geprek
1 butir biji pala, geprek
merica
garam
gula pasir, sedikit aja
100 gram kacang merah kering, rendam semalam air rendamannya jangan dibuang)
2 buah wortel, potong bulat-bulat
200 gram daging sapi /ayam, potong kotak
daun bawang, secukupnya
Cara membuat :
1. Tumis bawang putih hingga harum
2. Masukkan kacang merah yang telah direndam semalam bersama air rendamannya
3. Tambahkan air kaldu. Masukkan potongan daging.
4. Masukkan biji pala, garam, merica, gula pasir. Rebus hingga kacang merah & daging benar-benar empuk & kuahnya berwarna merah kecoklatan (kurleb 1,5 jam)
5. Setelah empuk, masukkan wortel & daun bawang. Masak hingga matang.
6. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan sambel kecap.
Note:
Sebenernya bisa make kacang merah basah & ngerebusnya jadi gak terlalu lama. Tapi aku lebih suka pake yg kering, karena menurut info yang pernah aku baca, yg kering ini vitaminnya lebih banyak daripada yg basah. Selain itu, air rendamannya membuat kuahnya jadi berwarna merah kecoklatan...

2 komentar:

Donna's Show mengatakan...

ini sup senerek adalah sup favorit keluarga besar ku dan suami aku hehehehe.......apalagi gigit gigit daging Iga Sapi...hhmmmm....
eike masaknya pake panci tekan uap/ presto...luwehh empukkk hihihihi

Lia Bayugama mengatakan...

bener bangets bu...pake iga ato buntut sapi, jadi makin mantep! Wih, iya, pake panci presto, jauh lebih empuk n lebih cepet ya? tapi berhubung, punyanya panci tradisional, ya uda, bersabar2 nunggu empuks...hehehe...